Tips Membeli Vespa Matic Bekas / Second

/
0 Comments

Mendengar kata Vespa pasti kita sebagai orang Indonesia udah sangat familiar banget. Gimana enggak, Vespa sendiri udah masuk di Indonesia sejak tahun 1960-an (sejarah masuknya Vespa ke Indonesia) Dan bukan rahasia lagi kalau dari awal masuknya Vespa pertama kali sampai saat ini, motor buatan Italia ini menjadi salah satu motor matic mahal, diantara motor matic lainnya. Dan untuk menyiasati keinginan memiliki Vespa dengan budget minim, kita bisa kok mengakaliny dengan membeli Vespa bekas.
Di Indonesia sendiri, dealer piaggio resminya menjual lebih dari 10 tipe scooter piaggio. Dan kali ini yang akan gue bahas adalah tips membeli Vespa matic bekas tipe LX, LXV, S, Primavera dan Sprint (non i-get)

1. Tentukan Budget Anda 

Ini yang paling utama, di Indonesia sendiri harga Vespa bekas  untuk tipe LX, LXV, S, Primavera, dan Sprint (non i-get) berada di kisaran Rp. 13,000,000 - Rp. 30,000,000. harga tersebut gue dapet dari motor-motor yang dijual di kaskus dan olx.

Untuk harga yang paling murah di kisaran Rp. 13,000,000 - Rp. 20,000,000 biasanya lo bakal nemuin banyak Vespa LX dengan Varian LX 125 (Karburator), LX 150 2v, LX 150 3v, dan S 150 2v.

Diatasnya lagi kisaran Rp. 20,000,000 - Rp. 26,000,000 ada berbagai Vespa mulai dari LX 150 3v, LXV 150 3v, S 150 3v, S 125 3v, Primavera. Nah di kisaran segini biasanya lo bakal nemuin lebih banyak varian motor.

Dan yang paling tinggi di kisaran Rp. 26,000,000 - 29,000,000 diduduki oleh Vespa Primavera dan Vespa Sprint.

Jadi dimanakah budget lo semua? Inget semua harga motor itu relatif, apalagi bekas, ada yang vespa LX aja sampe 30 JUTA, karenaa.. Motornya udah full upgrade dengan parts after market yg harganya mahal juga. dan ada Vespa Primavera yang jual 20 JUTA, karena kondisi yang apa adanya.

HARGA DIATAS DILIHAT DARI HARGA PASARAN DESEMBER 2016

2. Cek Kelengkapan Surat

Kalau lo udah menentukan motor mana yang akan lo beli, dan lo udah ketemuan sama pejual untuk ngeliat motornya, hal yang pertama gue lakuin adalah cek surat-surat mulai dari STNK, BPKB, dan jangan lupa untuk nyocokin nomor mesin dan nomor rangka. Setelah itu lo bisa cek untuk pajaknya juga
Nomor rangka bisa lo cek saat buka box motornya. SUMBER

Nomor mesin bisa lo cek di bagian CVT dekat roda belakang
3. Cek Kelengkapan Kunci

Nah ini yang penting juga saat lo mau beli Vespa matic bekas. Yakni kunci, Vespa Matic punya dua kunci, yang pertama warna coklat (master key) dan yang kedua kunci biru. kalau sampe salah satu kunci tersebut gaada, bersiap lah untuk nambah budget buat ngurus kuncinya ke dealer Vespa.
SUMBER

4. Test Ride Dulu Motornya

Dengan cara lo nyobain motor yang akan lo beli, lo jadi bisa tau keadaan motor yang akan lo beli, lo bisa cek kelistrikan mulai dari speedometer, lampu - lampu, klakson. Dan pada saat lo test ride lo harus ngerasain juga kenyamanan handling, mesin, dan suspensi. Karena dengan cara inilah kita bisa tau kekurangan dari motor tersebut, sehingga kita juga bisa ngerencanain kira - kira parts apa aja yang akan kita ganti.

5. Cek Body Motor


Dan yang terakhir, yang pasti lo semua bakal lakuin adalah ngecek kemulusan motor lo. Tapi untuk mulus seperti baru gue kira superr jarang buat motor second, yaa lo harus terima juga motor lo ada baret - baret, selama itu wajar. Tapii kalo lo anggap hal ini kurang penting yang penting murah, yaa terserah lo, apalagi sekarang di Jakarta udah mulai banyak bengkel Vespa (bukan resmi) yang bisa restorasi vespa lo, mulai dari penyok, sampe nge-repaint Vespa lo.


Yaa itu aja 5 saran dari gue sebagai pengguna Vespa bekas. Mungkin kalo lo ada saran atau bahkan tambahan info bisa juga bantu share di blog ini. 



You may also like

No comments:

Submenu Section

Slider Section