Knalpot Racing Harian Mio (CLD C1)
/
0 Comments
Knalpot
racing memang identik dengan ajang balap, yang sangat berguna untuk
meningkatkan performa motor tersebut. Tapi apa jadinya kalau knalpot racing dipakai untuk harian?
Menurut
gue, knalpot racing itu sangat berguna untuk meningkatkan performa motor,
meskipun memang gak banyak, cuma pemakaian knalpot racing itu sangat bisa terasa
di motor kita. Salah satunya tarikan jadi eteng, karena gas buang tidak lagi
tertahan di knalpot. Tapi permasalahannya knalpot racing yang dipakai di ajang
balap itu cenderung memiliki suara yang cukup keras.
Sedangkan
gue pribadi bukan cari suara keras, tapi lebih untuk meningkatkan performa
motor gue. So, gue memutuskan untuk memilih knalpot merk CLD tipe C1 standar.
Dari bentukannya knalpot ini memang seperti knalpot standar, namum hal yang
membedakan terletak di ujung silencer, dan pipa knalpot. Kenapa gue akhirnya
memilih CLD tipe C1 standar? Karena knalpot ini memiliki suara yang relatif adem
diabanding knalpot lainnya, dan menurut gue produk ini pengerjaannya detail dan
rapih. Bisa terlihat dari logo CLD yang ada di pipa knalpot, dan hasil
las-lasan yang rapih.
Pada
saat gue pasang pun sangat mudah, karena memang knalpot ini di desain khusus
spesifik untuk macam-macam motor. Jadi proses pemasangan pun sama persis
seperti memasang knalpot standar. Motor yang akan gue pasang Yamaha Mio Soul
tahun 2010.
Setelah
knalpot CLD terpasang gue pun langsung mencoba menghidupkan mesin, langsung
terdengar suara nge-bass di rpm bawah dan pada saat idle. Suaranya asli enak
banget dan pulen, pada saat gue coba jalan, langsung terasa akselerasi motor
pun lebih cepat naik. Biasanya buka gas motor gue lari di 15 km/jam, sekarang
dengan bukaan gas yang sama bias sampai 20-22 km/jam. Lalu pada saat jalan
lurus yang cukup panjang gue coba untuk Tarik gas sampai kecepatan 80 km/jam,
dan itu belum mentok, karena lampu merah gue harus berhenti. Yang mengejutkan
buat gue pada saat rpm tinggi suara knalpot itu keluar banget menurut gue
memang agak pecah/cempreng. Kedepannya mungkin gue akan coba nambahin glasswool
biar suaranya lebih adem, karena yang gue cari bukan suara sekali lagi, gue cuma
pengen akselerasi motor gue gak ketahan di knalpot.
So,
seperti biasa masuk ke segmen kelebihan dan
kekurangan
Silahkan cek video youtube, untuk denger suara merdunya
Kelebihan
1. Pengerjaan sangat detail
dan rapih
2. Model standar, jadi untuk
yang suka takur kena razia, kemungkinan ini aman
3. Berpengaruh baik terhadap
akselerasi motor
Kekurangan
1. Gue jujur bingung untuk nulis kekurangannya,
karena hampir sempurna knalpot ini untuk pemakaian harian. Paling yang kurang
menurut gue, kurang adem aja buat selera gue lho ya.