Kelebihan dan Kekurangan Vespa LX 150 3v
/
10 Comments
Gue sadar sebagus apapun motor lo, sebesar apapun brand motor lo, dan secanggih apapun motornya, pasti motor itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan akhirnya hal ini pun yang gue temuin di motor Vespa LX merah gue.
Setelah kurang lebih hampir
1 tahun gue mengendarai Vespa LX merah gue, hampir setiap minggu, akhirnya gue
bisa menemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dari Vespa LX dari sisi orang
awam soal motor. Okay, langsung aja nih ke intinya
Kelebihan :
1.
Riding
Position sangat nyaman apalagi untuk riding jarak jauh
SUMBER |
Buat ukuran motor
matic scooter dengan cc cuma 150cc Vespa LX ini gue akui
sangat-sangat nyaman untuk dikendarai, tinggi gue kurang lebih 187an, Dan kaki
gue bisa napak sempurna, mungkin buat orang yang memiliki tinggi rata-rata
orang Indonesia, akan sedikit jingjit karena deck (injekan
kaki) motor ini lumayan lebar, jadi kaki lebih lebar ke arah samping untuk
napak ke tanah. Dan gue bener-bener sama sekali tidak ngerasain pegel ditangan
pada saat ngendarain jauh, dan gak ngerasain pegel pantat pada saat riding
lama. Jelas beda banget sama motor matic jepang (kecuali PCX, N Max, sama Aerox
kali ya).
2.
Desain
Klasik
Vespa LX ini menurut gue
klasik banget bentuknya karena headlampnya yang bulet dan desain body yang juga
bulet-bulet, bentuknya mirip banget sama pendahulunya vespa corsa, atau vespa
super tahun 60an lama.
Dan Vespa LX ini adalah
generasi ke-3 matic dengan lampu bulat yang udah di produksi Piaggio,
sebelumnya ada Vespa Corsa, dan ada ET. Jadi kalua elo yang mau main klasik dan
vintage look cocok banget deh main
ini, tinggal ditambah windshield sama
box di belakang, bakal keliatan banget klasiknya.
3.Mesin Responsif
3.Mesin Responsif
SUMBER |
Motor dengan tenaga 150cc pastinya bertenaga apaagi untuk pemakaian harian, pasti lo bisa ngerasain langsung saat lo mau nyalip mobil dengan motor 150cc. Untuk ukuran scooter 150cc, memang vespa bukan yang paling kenceng kalau mau diadu dalam keadaan standar sama scooter 150cc lainnya, salah satu faktornya karena sebagian besar body vespa ini terbuat dari rangka yang kokoh, bukan plastik kaya scooter jepang umumnya. Tapi overall kalau hanya untuk pemakaian dalam kota oke banget lah mesinnya, buat jalan jauh juga lumayan kok, dengan keadan mesin dan CVT standar masih enak.
4. Sparepart Masih Banyak
Buat kalian yang mau
nyari Vespa LX bekas dan takut kalau sparepart susah, tenang aja, untuk urusan
mesin dan CVT mesin Vespa LX (apalagi yang 3v) masih mudah banget kok dicari,
dan kalau urusan body, kalian harus bersyukur, Karena belum lama ini Piaggio
Indonesia, memperkenalkan Vespa LX dan S iGet. Jadi, kalau kalian butuh
sparepart, gue rasa masih sangat mudah ditemukan baik di bengkel resmi maupun
non resmi.
Kekurangan :
1. Ukuran Velg Sangat Kecil
Vespa LX, LXV, dan S adalah vespa matic buatan Piaggio dengan diameter
ring paling kecil, yakni cuma 10 inci beda dengan saudara-saudara lainnya
seperti Primavera, Sprint, atau GTS yang punya ukuran ring velg 11 dan 12 inci.
Hal ini yang membuat Vespa LX merah gue
sering gasruk pada saat lagi miring-miring atau ngelewatin polisi tidur yang
ketinggian.
Sehingga gak jarang ditemuin pemilik
vespa dengan ring 10 meng-upgrade
ukuran velg-nya ke ukuran 11 atau 12. Untuk menghindari gasruk.
2. Headlamp Cepat Panas Bila Masih Bawaan Pabrik
SUMBER |
Headlamp hamper semua vespa matic keluaran Piaggio saat ini
semuanya masih menggunakan lampu jenis halogen jadi pada saat lo nyalain
headlamp terlalu lama ada kemungkinan mika headlamp lo akan cukup panas.
Nah untuk menghindari mika headlamp lo
panas, biasanya para pemilik vespa mengganti headlamp vespa kesayangan dengan
lampu jenis LED, yang jauh lebih terang, dan tidak menimbulkan panas ke mika
headlamp vespa kita.
3.
Lumayan
Boros Bila Dipakai di Jakarta
Untuk ukuran motor matic 150cc menurut
gue vespa ini cukup boros, apalagi dihadapi dengan lalu lintas Jakarta yang
macet, membuat motor lo lebih sering dalam keadaan stop n go.
Boros di Jakarta bukan berarti buat
touring boros kok, tenangg gue udah pernah jalan jauh dari Jakarta ke Bogor,
menggunakan Vespa ini total 3 hari gue di Bogor, total gue ngisi 40rb dengan
bensin Pertamax (harga saat itu)
4.
Mesin
Panas
Bisa dibilang mesin Vespa LX merah gue
ini cukup panas, apalagi dengan keadaan macet-macetan, pada saat lo nurunin
kaki, terutama kaki kiri, lo bisa langsung ngerasain panas mesin, dan pada saat
jalan jauh, ada baiknya lo buka jok dan buka bagasi motor lo, supaya panas
motor lo bias cepet ilang.
5.
Bila
CVT Masih Standar Pabrik Sangat Getar
SUMBER |
Karena Vespa LX yang gue punya ini adalah buatan Vietnam, jadi ada
kemungkinan versi Vietnam ini di downgrade
dari versi langsung dari Itali. Getar yang pastinya berasa banget itu bias lo
rasain dalam keadaan stop n go. Pada saat lo lagi jalan atau di RPM tinggi
geter ini memang gak kerasa sama sekali, tapi pada saat lo dari berhenti mau
jalan, atau berada di RPM rendah, lo bias langsung ngerasain getaran sampe ke
handgrip dari CVT.
Memang untuk masalah yang satu ini udah banyak solusinya, yang
salah satnya akan gue tulis juga di tulisan gue selanjutnya. Soo tungguin
tulisan gue selanjutnya ya guys!
gan kalau jalan jauh, ngga khawatir battry tekor? secara battry nya kan ngga umum
ReplyDeleteBattery maskudnya gimana sob?
Deletespare part mencekik ya gan?
ReplyDeleteKalau body parts dan beberapa parts area mesin dan cvt bisa dibilang mahal sob kalau buat kantong mahasiswa.
DeleteMakasih gan share info nya. ane pengguna baru vespa dan ngalamin hal yang agan ceritain terutama masalah getar dari CVT saat mesin udah panas, gimana solusinya tuh kan kalau berkenan mohon dishare. terima kasih
ReplyDeleteSebenernya masalah geter dari CVT itu sumbernya dari kampas koplingnya. Solusinya bisa coba ganti :
ReplyDelete1. Paten + branded : Ganti punya malossi/polini
2. Murmer : Ganti pake punya piaggio MP3, atau cari tempat pantek kampas kopling yg udh teruji kualitasnya (jangan karena pengenyang murah tapi nanti malah bikin celaka, mending cari dulu reputasinya)
Mantep bro gue pengguna LX 150ie 3v tahun 2013 awal lanjutkan! Gue pantengin terus update nya!
ReplyDeleteSalam tetot dari bandung
Ditunggu update nyA lagee gan'..and jg pake LX 150 than 2012
ReplyDeleteKira2 di tahun 2019 masih ada ndak tipe vespa Lx 150 3v, soalny insyaallah saya mau beli mas dan udh ngincer ripe yg ini
ReplyDeletehmmm stelah bca ini gua tau. gua baru beli second lx 150 3v dengan spek cvt full upgrade dan upsize velg ke ring 12. cepet panas dan bensin boros
ReplyDelete