Kelebihan dan Kekurangan Vespa LX 150 3v

/
10 Comments


Gue sadar sebagus apapun motor lo, sebesar apapun brand motor lo, dan secanggih apapun motornya, pasti motor itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan akhirnya hal ini pun yang gue temuin di motor Vespa LX merah gue.

Setelah kurang lebih hampir 1 tahun gue mengendarai Vespa LX merah gue, hampir setiap minggu, akhirnya gue bisa menemukan beberapa kekurangan dan kelebihan dari Vespa LX dari sisi orang awam soal motor. Okay, langsung aja nih ke intinya

Kelebihan :

1.     Riding Position sangat nyaman apalagi untuk riding jarak jauh

CSVJ 6
SUMBER
Buat ukuran motor matic scooter dengan cc cuma 150cc Vespa LX ini gue akui sangat-sangat nyaman untuk dikendarai, tinggi gue kurang lebih 187an, Dan kaki gue bisa napak sempurna, mungkin buat orang yang memiliki tinggi rata-rata orang Indonesia, akan sedikit jingjit karena deck (injekan kaki) motor ini lumayan lebar, jadi kaki lebih lebar ke arah samping untuk napak ke tanah. Dan gue bener-bener sama sekali tidak ngerasain pegel ditangan pada saat ngendarain jauh, dan gak ngerasain pegel pantat pada saat riding lama. Jelas beda banget sama motor matic jepang (kecuali PCX, N Max, sama Aerox kali ya). 

2.     Desain Klasik

Vespa LX ini menurut gue klasik banget bentuknya karena headlampnya yang bulet dan desain body yang juga bulet-bulet, bentuknya mirip banget sama pendahulunya vespa corsa, atau vespa super tahun 60an lama.

Dan Vespa LX ini adalah generasi ke-3 matic dengan lampu bulat yang udah di produksi Piaggio, sebelumnya ada Vespa Corsa, dan ada ET. Jadi kalua elo yang mau main klasik dan vintage look cocok banget deh main ini, tinggal ditambah windshield sama box di belakang, bakal keliatan banget klasiknya.

3.Mesin Responsif

SUMBER

Motor dengan tenaga 150cc pastinya bertenaga apaagi untuk pemakaian harian, pasti lo bisa ngerasain langsung saat lo mau nyalip mobil dengan motor 150cc. Untuk ukuran scooter 150cc, memang vespa bukan yang paling kenceng kalau mau diadu dalam keadaan standar sama scooter 150cc lainnya, salah satu faktornya karena sebagian besar body vespa ini terbuat dari rangka yang kokoh, bukan plastik kaya scooter jepang umumnya. Tapi overall kalau hanya untuk pemakaian dalam kota oke banget lah mesinnya, buat jalan jauh juga lumayan kok, dengan keadan mesin dan CVT standar masih enak. 

4.     Sparepart Masih Banyak 
Buat kalian yang mau nyari Vespa LX bekas dan takut kalau sparepart susah, tenang aja, untuk urusan mesin dan CVT mesin Vespa LX (apalagi yang 3v) masih mudah banget kok dicari, dan kalau urusan body, kalian harus bersyukur, Karena belum lama ini Piaggio Indonesia, memperkenalkan Vespa LX dan S iGet. Jadi, kalau kalian butuh sparepart, gue rasa masih sangat mudah ditemukan baik di bengkel resmi maupun non resmi.

Kekurangan :

1.     Ukuran Velg Sangat Kecil
Vespa LX, LXV, dan S adalah vespa matic buatan Piaggio dengan diameter ring paling kecil, yakni cuma 10 inci beda dengan saudara-saudara lainnya seperti Primavera, Sprint, atau GTS yang punya ukuran ring velg 11 dan 12 inci.
Hal ini yang membuat Vespa LX merah gue sering gasruk pada saat lagi miring-miring atau ngelewatin polisi tidur yang ketinggian.
Sehingga gak jarang ditemuin pemilik vespa dengan ring 10 meng-upgrade ukuran velg-nya ke ukuran 11 atau 12. Untuk menghindari gasruk.

2.     Headlamp Cepat Panas Bila Masih Bawaan Pabrik
Image result for vespa banyak lampu
SUMBER
Headlamp hamper semua vespa matic keluaran Piaggio saat ini semuanya masih menggunakan lampu jenis halogen jadi pada saat lo nyalain headlamp terlalu lama ada kemungkinan mika headlamp lo akan cukup panas.
Nah untuk menghindari mika headlamp lo panas, biasanya para pemilik vespa mengganti headlamp vespa kesayangan dengan lampu jenis LED, yang jauh lebih terang, dan tidak menimbulkan panas ke mika headlamp vespa kita.

3.     Lumayan Boros Bila Dipakai di Jakarta
Untuk ukuran motor matic 150cc menurut gue vespa ini cukup boros, apalagi dihadapi dengan lalu lintas Jakarta yang macet, membuat motor lo lebih sering dalam keadaan stop n go.
Boros di Jakarta bukan berarti buat touring boros kok, tenangg gue udah pernah jalan jauh dari Jakarta ke Bogor, menggunakan Vespa ini total 3 hari gue di Bogor, total gue ngisi 40rb dengan bensin Pertamax (harga saat itu)

4.     Mesin Panas
Bisa dibilang mesin Vespa LX merah gue ini cukup panas, apalagi dengan keadaan macet-macetan, pada saat lo nurunin kaki, terutama kaki kiri, lo bisa langsung ngerasain panas mesin, dan pada saat jalan jauh, ada baiknya lo buka jok dan buka bagasi motor lo, supaya panas motor lo bias cepet ilang.

5.     Bila CVT Masih Standar Pabrik Sangat Getar 

SUMBER
Karena Vespa LX yang gue punya ini adalah buatan Vietnam, jadi ada kemungkinan versi Vietnam ini di downgrade dari versi langsung dari Itali. Getar yang pastinya berasa banget itu bias lo rasain dalam keadaan stop n go. Pada saat lo lagi jalan atau di RPM tinggi geter ini memang gak kerasa sama sekali, tapi pada saat lo dari berhenti mau jalan, atau berada di RPM rendah, lo bias langsung ngerasain getaran sampe ke handgrip dari CVT.
Memang untuk masalah yang satu ini udah banyak solusinya, yang salah satnya akan gue tulis juga di tulisan gue selanjutnya. Soo tungguin tulisan gue selanjutnya ya guys!





You may also like

10 comments:

  1. gan kalau jalan jauh, ngga khawatir battry tekor? secara battry nya kan ngga umum

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Kalau body parts dan beberapa parts area mesin dan cvt bisa dibilang mahal sob kalau buat kantong mahasiswa.

      Delete
  3. Makasih gan share info nya. ane pengguna baru vespa dan ngalamin hal yang agan ceritain terutama masalah getar dari CVT saat mesin udah panas, gimana solusinya tuh kan kalau berkenan mohon dishare. terima kasih

    ReplyDelete
  4. Sebenernya masalah geter dari CVT itu sumbernya dari kampas koplingnya. Solusinya bisa coba ganti :

    1. Paten + branded : Ganti punya malossi/polini

    2. Murmer : Ganti pake punya piaggio MP3, atau cari tempat pantek kampas kopling yg udh teruji kualitasnya (jangan karena pengenyang murah tapi nanti malah bikin celaka, mending cari dulu reputasinya)

    ReplyDelete
  5. Mantep bro gue pengguna LX 150ie 3v tahun 2013 awal lanjutkan! Gue pantengin terus update nya!

    Salam tetot dari bandung

    ReplyDelete
  6. Ditunggu update nyA lagee gan'..and jg pake LX 150 than 2012

    ReplyDelete
  7. Kira2 di tahun 2019 masih ada ndak tipe vespa Lx 150 3v, soalny insyaallah saya mau beli mas dan udh ngincer ripe yg ini

    ReplyDelete
  8. hmmm stelah bca ini gua tau. gua baru beli second lx 150 3v dengan spek cvt full upgrade dan upsize velg ke ring 12. cepet panas dan bensin boros

    ReplyDelete

Submenu Section

Slider Section